Cara Membuat E-Learning Dengan iSpring

Cara Membuat E-Learning Dengan iSpring


A. Pengertian

E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Sistem e-learning ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan pembelajaran bisa dilakukan lebih banyak waktu (Nugroho, 2007).
Istilah e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi elektronik internet. Oleh karena itu, istilah e-learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet (Purbo & Hartanto, 2002).
(Ardiansyah, 2013) E-learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan ialah sebagai sarana ialah sebagai proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa.
Dari beberapa pendapat para ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa E-Learning adalah model pembelajaran jarak jauh dalam bentuk digital dengan menggunakan teknologi berbasis internet yang memungkinkan peserta didik untuk belajar mandiri tanpa harus selalu hadir di dalam kelas atau tanpa tatap muka dengan pendidik

B. Manfaat E-Learning
Ada beberapa manfaat dari penggunaan E-Learning seperti diantaranya:

1.      Efisiensi Biaya. E-learning tersebut memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggarannya, efisiensi penyediaan sarana serta juga fasilitas fisik untuk dapat belajar serta juga efisiensi biaya bagi pembelajar ialah biaya transportasi serta akomodasi.
2.      Fleksibel. E-learning tersebut memberi fleksibilitas didalam memilih waktu serta juga tempat untuk dapat mengakses perjalanan.
3.      Belajar Mandiri. E-learning tersebut memberi kesempatan bagi pembelajar dengan secara mandiri memegang seluruh kendali atas keberhasilan dalam proses belajar.

Manfaat E-learning dengan menurut Pranoto, dkk (2009:309) antara lain sebagai berikut:

1.      Meningkatkan suatu partisipasi aktif dari siswa.
2.      Meningkatkan suatu kemampuan belajar mandiri siswa.
3.      Meningkatkan suatu kualitas materi pendidik serta juga pelatihan
4.      Meningkatkan suatu  kemampuan untuk dapat menampilkan informasi dengan perangkat       teknologi informasi, yang mana dengan perangkat biasa akan sulit dilakukan

C. Cara pembuatan E-Learning dengan menggunakan Software iSpring

Sebelum dikemukakan mengenai bagaimana membuat E-learning dengan berbantuan iSpring, terlebih dahulu alangkah baiknya kita pahami kembali tentang apa yang dimaksud dengan iSpring. ISpring Presenter merupakan salah satu tool yang mengubah file presentasi menjadi bentuk  flash    dan  bentuk    SCORM  /  AICC,  yaitu  bentuk  yang biasa  digunakan  dalam pembelajaran dengan e-learning LMS (Learning management System). Perangkat lunak Ispring tersedia dalam versi free (gratis) dan berbayar. Ispring Presenter   secara mudah dapat diintegrasikan dalam  Microsoft  power point sehingga penggunaannya tidak membutuhkan keahlian yang rumit.
Berikut cara membuat e-learning dengan iSpring :
1.      Bukalah file presentasi yang sudah anda miliki dan pilihlah icon publish pada ispring seperti pada gambar berikut.


2.      Selanjutnya  muncul seperti pada gambar di bawah ini, klik iSpring Online (lingkaran arna merah no.1) kemudian ubah judulnya (lingkaran warna 2), pilih playernya (no.3) dan terakhir adalah publish (lingkaran no.4)


3.      Akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini, lalu pilih Sign up for a trial account (yang dilingkari warna merah)


4.      Lalu akan menyambungkan ke browser, seperti gambar di bawah ini lalu pilih Sign Up For Free (dilingkari putih)


5.      Akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini, lalu isi formulir mulai kotak warna merah dari ni 1 sampai 4, lalu klik no. 5


6.      Hasil registrasi pada no.5 akan muncul seperti pada gambar di bawah ini, lalu catat pada lingkaran 1 dan 2. setelah dicatat lalu pilih Getting Started (yang di lingkari warna merah no.3)


7.      Langkah berikutnya akan muncul kotak dialog di bawah ini, lalu hasil registrasi pada poin 6 di atas masukan pada kolom yang sesuai di baah ini mulai dari no. 1 sampai no.3 lalu klik Ok (no.4)


8.      Langkah selanjutnya adalah muncul kotak dialog di bawah dimana pada no.1 (yang dilingkari warna merah) sudah ada alamat webnya, lalu klik publish (kolom mwerah no.2)


9.      Lalu tunggu prosesnya seperti gambar di bawah ini


10.  Lalu akan muncul kotak dialog di bawah ini dan pilih yang warnai warna merah seperti gambar di bawah ini


11.  Proses berikutnya akan muncul kotak dialog di bawah ini, lalu pilih yang dilingkari warna merah (Preview)


12.  Kemudian muncul kotak dialog seperti di bawah lalu klik yang bertanda oval merah (Launch Course)


13.  Hasilnya akan muncul seperti di bawah ini, sampai pada tahap ini pembuatan iSpring online sudah beres


14.  Untuk melihat file yang kita miliki klik Conten di sebelah kiri dan di sebelah kanan akan muncul file yang kita upload.



15.  Jika file kita akan di buka oleh orang lain maka kasihkan link dan pasword pada langkah no. 6


SEMOGA BERMANFAAT.....



    DAFTAR REFERENSI
      http://lilisindraningsih.blogspot.co.id/2016/04/cara-pembuatan-e-learning-dengan_13.html
\     http://rosarahmatika.blogspot.co.id/2016/04/cara-pembuatan-e-learning.html

   



Komentar

  1. sangat bermanfaat. Aplikasi elearning semacam ini memang sangat membantu dalam proses pembelajaran. siswa jadi lebih mudah memahami dan membuatnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS PENGUCAPAN JANJI DAN PRAKATA PELANTIKAN PENGURUS OSIS

Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Pancasila

MANFAAT KOMPUTER BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN