Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2

 

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2

Jurnal refleksi ini merupakan salah satu tugas yang saya dapatkan pada akhir modul 1.2, jurnal ini berisi refleksi tentang pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan selama 2 minggu mempelajari modul 1.2 dalam LMS Pendidikan Calon Guru Penggerak. Dalam jurnal refleksi ini saya mempergunakan model 1 yaitu model 4F yaitu : 1. Fact, 2. Feeling, 3.Findings, 4. Future yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P ( a. Peristiwa; b. Perasaan; c. Pembelajaran; dan d. Penerapan ).

A. FACTS (PERISTIWA)

modul 1.2 yaitu tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kegiatan CGP Angkatan 7 ini dilanjutkan secara daring menggunakan LMS, kegiatan ini menggunakan alur yang disebut dengan alur MERDEKA yaitu: (1) Mulai dari diri sendiri yaitu membuat trapezium usia dan kemudianmerefleksi peristiwa positif dan negatif yang pernah dialamiserta peran dan nilai yang sudah saya mainkan didalam lingkup sekolah saat ini, (2) Eksplorasi konsep dengan materi bagian A.Tentang konsep manusia tergerak, bagian B.Tentang konsep manusia bergerak, dan bagian C.Tentang konsep menggerakkan manusia, lalu kegiatan ini dilanjutkan forum berdiskusi tentang nilai dan kegiatan penerapan peran GP di sekolah. (3) Ruang kolaborasi yaitu diskusi bersama fasilitator dan CGP lainnya mengenai rancangan satu kegiatan yang menonjolkan satu peran GP yang berbasis kekuatan nilai yang dimiliki GP.

 

B. FEELINGS( PERASAAN )

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak ini, yang saya rasakan adalah saya menyadari sebenarnya saya telah memiliki beberapa nilai dan sudah beberapa peran GP yang saya lakukan, tetapi dalam pelaksanaan dan aplikasi ke siswa belum terstruktur. Setelah mempelajari modul ini mulai  tumbuh kesadaran dari dalam diri dimana saya mulai tergerak mengeksplorasi nilai yang ada pada diri saya dan memaksimalkan peran yang sudah saya lakukan. Saya ingin memperbaiki hal-hal yang kurang baik selama ini, lalu berusaha menumbuhkan nilai dan peran yang mesti dimiliki oleh seorang guru penggerak. Setelah saya tergerak, selanjutnya saya ingin menggerakkan rekan-rekan guru di sekolah sehingga bisa bergerak bersama mewujudkan peserta didik yang berkarakter profil belajar Pancasila untuk Indonesia yang lebih baik.

 

C. FINDINGS (PEMBELAJARAN)

Banyak pengalaman dan ilmu yang saya peroleh selama dua minggu mempelajari modul 1.2, yang pertama mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara kerja otak manusia, yaitu thinking fast dan thinking slow. Sebagai seorang pendidik, kita mesti membiasakan diri untuk thinking slow supaya kita tidak terburu-buru dalam menilai dan memutuskan sesuatu, lalu saya belajar tentang 5 kebutuhan dasar manusia, yaitu kasih sayang dan rasa diterima, kekuasaan, kesenangan, kebebasan, dan bertahan hidup, tahap perkembangan manusia secara psikososial menurut erik erikson, diharapkan dengan kita tahu psikososial peserta didik di setiap tahapan perkembangannya, lalu materi berikutnya tentang nilai dan peran guru penggerak. Nilai Guru penggerak yaitu nilai berpihak pada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif dan reflektif , kemudian peran guru penggerak yaitu pemimpin pembelajaran, coach bagi guru yang lain, sebagai pendorong kolaboratif, mewujudkan kepemimpinan murid, penggerak komunitas praktisi.

 

FUTURE (PENERAPAN)

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, saya akan berusaha menerapkan beberapa hal berikut :

Merancang dan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan menyenangkan dengan pembelajaran berbasis proyek, problem based learning, diskusi presentasi serta menggunakan metode dan media pembelajaran yang menarik, serta memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS PENGUCAPAN JANJI DAN PRAKATA PELANTIKAN PENGURUS OSIS

Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Pancasila

MANFAAT KOMPUTER BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN