INTISARI
HASIL PELATIHAN KURIKULUM 2013 VERSI 2016
Berikut beberapa point
penting yang mengalami perubahan, terkait implementasi K13/kurtilas/ kurikulum
2013 revisi, diantaranya :
1. Nama Kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tetapi tetap kurikulum 2013 direvisi yang berlaku nasional.
1. Nama Kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tetapi tetap kurikulum 2013 direvisi yang berlaku nasional.
2. Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah
ditiadakan setiap mata pelajaran, hanya agama dan PPKn namun KI tetap
dicantumkan dalam RPP
3. Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 KD,
maka yang diambil adalah nilai tertinggi. Untuk nilai keterampilan (praktek,
produk, portofolio) diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan bobot
hasil penilaian harian (HPH), hasil penilaian tengah semester (HPTS) dan hasil
penilaian akhir semester (HPAS) ditetapkan oleh satuan pendidikan.
4.
Penataan kompetensi yang tidak dibatasi
pemenggalan Taksonomi Proses Berpikir (Mengingat, Memahami, Menerapkan,
Menganalisis, Mengevaluasi dan Mencipta; Faktual, Konseptual, Prosedural dan
Metakognitif) pada jenjang, SD, SMP dan SMA/SMK.
5.
Pendekatan Scientific 5M bukanlah
satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak
harus berurutan. Namun 5M merupakan proses berpikir yang perlu dilatihkan
secara terus menerus melalui pembelajaran agar siswa terbiasa berpikir secara
Scientific.
6.
Silabus K13/kurtilas edisi revisi
lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan
pembelajaran. Silabus yang disiapkan pemerintah merupakan salah satu model
untuk memberi inspirasi, Guru dapat mengembangkannya sesuai dengan konteks yang
relevan.
7.
Skala penilaian K13 edisi revisi menjadi
1 - 100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
KKM ditetapkan oleh sekolah dengan skala 100.
8.
Penerbitan buku teks pelajaran dapat
dilakukan oleh Kemdikbud atau swasta (Permendikbud No. 8 tahun 2016)
9.
Remedial diberikan kepada siswa
yang kurang, namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai remidi
adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
10. Model-model
pembelajaran yang digunakan menggunakan model pembelajaran yang mengarahkan
peserta didik ke arah HOTS (High Order Thinking Skill)
11. Pada
RPP mencantumkan kegiatan yang berkaitan dengan literasi
12. Penguatan
Pendidikan Karakter pada setiap proses pembelajaran
Komentar
Posting Komentar