INTISARI HASIL PELATIHAN KURIKULUM 2013 VERSI 2016

Berikut beberapa point penting yang mengalami perubahan, terkait implementasi K13/kurtilas/ kurikulum 2013 revisi, diantaranya :
1.      Nama Kurikulum tidak berubah  menjadi kurikulum nasional tetapi tetap kurikulum 2013 direvisi       yang berlaku nasional.
2.     Penilaian sikap KI 1 dan KI 2 sudah ditiadakan setiap mata pelajaran, hanya agama dan PPKn  namun KI tetap dicantumkan dalam RPP
3.   Jika ada 2 nilai praktek dalam 1 KD, maka yang diambil adalah nilai tertinggi. Untuk nilai keterampilan (praktek, produk, portofolio) diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan bobot  hasil penilaian harian (HPH), hasil penilaian tengah semester (HPTS) dan hasil penilaian akhir semester (HPAS) ditetapkan oleh satuan pendidikan.
4.        Penataan kompetensi yang tidak dibatasi pemenggalan Taksonomi Proses Berpikir (Mengingat, Memahami, Menerapkan, Menganalisis, Mengevaluasi dan Mencipta; Faktual, Konseptual, Prosedural dan Metakognitif) pada jenjang, SD, SMP dan SMA/SMK.
5.        Pendekatan Scientific  5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan. Namun 5M merupakan proses berpikir yang perlu dilatihkan secara terus menerus melalui pembelajaran agar siswa terbiasa berpikir secara Scientific.
6.        Silabus K13/kurtilas edisi  revisi lebih ramping hanya 3 kolom, yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Silabus yang disiapkan pemerintah merupakan salah satu model untuk memberi inspirasi, Guru dapat mengembangkannya sesuai dengan konteks yang relevan.
7.        Skala penilaian K13 edisi revisi menjadi  1 - 100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi. KKM ditetapkan oleh sekolah dengan skala 100.
8.        Penerbitan buku teks pelajaran dapat dilakukan oleh Kemdikbud atau swasta  (Permendikbud No. 8 tahun 2016)
9.        Remedial diberikan kepada  siswa yang kurang, namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai remidi adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
10.    Model-model pembelajaran yang digunakan menggunakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik ke arah HOTS (High Order Thinking Skill)
11.    Pada RPP mencantumkan kegiatan yang berkaitan dengan literasi
12.    Penguatan Pendidikan Karakter pada setiap proses pembelajaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS PENGUCAPAN JANJI DAN PRAKATA PELANTIKAN PENGURUS OSIS

Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Pancasila

Langkah-langkah Membuat E-Book menggunakan 3D PageFlip