MEMANJAKAN LAPTOP DENGAN CCLEANER

KITA MANJAKAN LAPTOP

 DENGAN CCleaner



Saat Ini Komputer sudah menjadi kebutuhan primer dimasyarakat, penggunaan komputer saat ini sudah sangat diperlukan apalagi dengan adanya teknologi internet yang memungkinkan untuk menjelajah informasi di dunia secara cepat. Salah satu komputer yang banyak dipakai saat ini adalalah jenis komputer portable yaitu laptop. Mengapa laptop banyak dipilih dikerenakn laptop dianggap lebih efisien dalam segi ukuran maupun kemampuan, dengan laptop kita bisa lebih mudah menggunakannya dan bisa digunakan dimana saja.
Saat ini banyak kalangan yang sudah  memanfaatkan laptop untuk segala aktivitasnya, baik untuk hal yang berkaitan dengan pekerjaan maupun hanya sekedar hiburan, bahkan ada yang setiap waktunya pasti berhadapan dengan laptop yang tentunya akan membuat kinerja dari laptop tersebut terus bekerja. Untuk tetap memaksimalkan kinerja dari laptop tentunya membutuhkan cara optimal dalam perawatannya, banyak cara yang harus dilakukan user atau pengguna laptop dalam hal melakukan perawatan laptop agar kinerja dari laptopnya tetap optimal, jika dikelempokan menurut saya ada 2 jenis perawatan yang harus dilakukan agar laptop tetap “sehat” atau optimal : (1) Perawatan Hardware (2) Perawatan Software.
Ditulisan ini saya akan membahas perawatan laptop dengan menggunakan software (perangkat lunak), yaitu software optimasi kerja laptop. Perlu kita ketahui terlebih dahulu, bahwa setiap kita menghidupkan dan menjalankan komputer, akan selalu menimbulkan sampah pada komputer tersebut. Setiap aplikasi yang dibuka, setiap browser yang kita gunakan untuk internetan, juga selalu menimbulkan history, sampah, dan cache. Jika semua itu terus ditimbun, akan membuat ruang hard disk di drive C menjadi penuh, atau membuat sistem operasi Anda menjadi terganggu, dan akibatnya komputer Anda menjadi lambat. Nah, aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut salah satunya adalah CCleaner. Dengan CCleaner ini akan mempercepat komputer dan menambah freespace hardisk.

Mari kita bahas tahapan-tahapan penggunaan Ccleaner :


STEP 1 - Buka dulu software Ccleanernya yang ada  di komputer anda, contohnya bila memakai Ccleaner versi 3.11.1550, jika anda memakai versi yang lainnya mungkin sama saja cara penggunaannya. Kemudian klik Ccleaner yang ada di sudut kiri di bawah logo Ccleanernya.




STEP 2 - Selanjutnya klik butang yang ada tulisan Analyze butang yang ada dibawah, dan biarkan proses berjalan sampai 100%.




STEP 3 - Kemudian klik Run Cleaner yang ada di sudut kanan bawah untuk membersihkannya, lakukan juga hal sama untuk membersihkan Applications yang ada di samping Windows.




STEP 4 - Untuk membersihkan registry klik butang Registry yang ada di bawah cleaner selanjutnya klik butang Scan For Issues yang ada di bawah biarkan proses berjalan sampai 100%.




STEP 5 - Kemudian klik butang Fix Selected Issues yang berada di sudut bawah kanan.




STEP 6 - Selanjutnya akan ada pilihan untuk menyimpan Back up registry klik yes untuk menyimpannya.




STEP 7 - Kemudian ganti nama file untuk menyimpan back up nya untuk memudahkan anda mengeceknya, selanjutnya klik save untuk menyimpan.




STEP 8 - Selanjutnya klik butang Fix All Selected Issues untuk memulai proses pembersihan registrynya.




FINAL STEP - Proses pembersihan sudah selesai terakhir klik close untuk mengakhirinya.




Selamat registry laptop kita sudah bersih dan memungkinkan kerja komputer akan lebih cepat dan ringan. Apabila Anda memiliki CCLEANER dengan versi berbeda, Anda juga tetap bisa menggunakan langkah" diatas, karena perbedaan antar versi hanya terletak pada kemampuannya.



Daftar referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS PENGUCAPAN JANJI DAN PRAKATA PELANTIKAN PENGURUS OSIS

Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Pancasila

MANFAAT KOMPUTER BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN