EMAIL BAGI GURU DAN ETIKA DALAM PENGGUNAANNYA

EMAIL BAGI GURU 
DAN ETIKA DALAM PENGGUNAANNYA


   A.    Email
Email adalah singkatan dari Electronic Mail dan dalam bahasa Indonesia artinya adalah surat elektronik. Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat atau pesan melalui jaringan intenet, dengan email kita hanya membutukan beberapa menit agar surat/pesan kita sampai tujuan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat/pesan biasa melalui pos dan dengan email isi surat/pesan dapat kita isi dengan konten gambar/suara dan video, email bukan hanya untuk mengirim surat/pesan, jaman sekarang apa pun yang berhubungan dengan internet seperti mendaftar facebook, twitter,  blogger dan lain-lain pasti memerlukan email utuk mendaftar.
Email mulai di pakai pada tahun 1960-an, dan Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Pesan yang terdapat pada email dibuat dengan pengolah kata yang menghasilkan menghasilkan suatu dokumen dan kemudian dikirimkan secara elektronik dengan menggunakan komputer atau perangkat lainnnya. Penggunaan e-mail memungkinkan data terkirim secara elektronik sehingga sampai ditujuan dengan sangat cepat.

Macam-macam email :

1.      Gmail
Gmail (gmail.com) adalah layanan email dari google.com. Gmail merupakan layanan email dan chatt. Gmail menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas. Jadi Anda tidak perlu takut kehabisan ruang untuk menyimpan email anda. Gmail memiliki banyak fitur seperti POP dan IMAP yang bisa dimanfaatkan untuk menggunakan email client seperti outlook express (termasuk microsoft outlook) maupun aplikasi handphone.
2.      Yahoo Email Service (Ymail.com )
Yahoo merupakan perintis layanan email gratis sehingga memiliki banyak pengguna. Di samping layanan emailnya, yahoo juga banyak digunakan untuk chatting dengan aplikasi instant messenger atau sering disebut YM. Yahoo juga menyediakan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, akan tetapi yahoo international dengan TLD .com tidak memiliki fitur POP dan IMAP. Layanan tersebut hanya terdapat pada Yahoo Regional seperti Yahoo.co.id untuk Indonesia.
3.      AIM Mail
dashboard.aim.com/aim AIM Mail, layanan email gratis berbasis web dengan ruang penyimpanan tidak terbatas, perlindungan spam yang bagus dan antar muka yang mudah digunakan. AIM Mail juga menawarkan akses POP dan IMAP sehingga lebih fleksibel bagi anda yang mempunyai rutinitas tinggi dalam penggunaan email. Sayangnya AIM Email tidak memiliki kelebihan pada produktivitas seperti pelabelan, folder dan pembagian surat-surat.
4.      Windows Live Hotmail
hotmail.com. Merupakan penyedia layanan email gratis dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB, sistem pencarian yang cepat, keamanan yang solid dan antar muka yang mudah digunakan sebagai program email desktop. Windows Live Hotmail selalu memeriksa email yang masuk dengan scanning virus sehingga lebih aman. Akan tetapi dengan jalanya fitur-fitur tersebut, kecepatan akses dikorbankan sehingga menjadi lebih lambat.
5.      GMX Mail
gmx.com GMX Mail menawarkan akun email dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB dengan fitur POP sebaik layanan IMAP (untuk setting POP ke Microsoft Outlook, klik di sini). Dengan memiliki akun GMX Mail Anda juga bisa membaca akun email lain termasuk Yahoo, Gmail, dan Windows Live Hotmail. Semua email yang datang otomatis akan discan untuk menyaring virus sehingga kotak masuk Anda akan berada dalam keadaan bersih dari virus. Selain fitur-fitur diatas masih banyak lagi yang ditawarkan GMX Mail untuk calon penggunanya. *Catatan: selain GMX.COM, ada juga GMX.NET. Hanya saja yang GMX.net sejak tahun 2006 lalu sudah tidak bebas dimiliki oleh user yang berada di luar Swiss dan Jerman.
6.      Inbox.com
Inbox.com menawarkan layanan email gratis dengan ruang penyimpanan sebesar 5 GB (untuk warga Amerika Serikat, Canada, dan Inggris). Sedangkan untuk user dari negara lain hanya sebesar 2 GB. Namun dengan memiliki akun di Inbox.com kita akan mendapatkan homepage Inbox.com pribadi serta Online Photosharing dengan ruang penyimpanan sampai 30 GB.
7.      Mail.com
mail.com Mail.com sangat bagus untuk sebuah nama domain email. Dengan mendaftar di Mail.com Anda bisa memilih bermacam-macam domain untuk email Anda. Akan tetapi layanan keamanan di mail.com lebih sedikit jika dibandingkan dengan layanan email lainnya.
8.      My Own Email
myownemail.com Situs ini hampir sama dengan mail.com yang memberikan Anda keleluasaan memilih sejumlah nama domain untuk accaount email Anda. Kapasitas email yang diberikan oleh situs ini adalah 50 pesan, namun mereka memiliki beberapa fitur yang cukup baik, seperti Encrypt outgoing messages, Unlimited Signatures, Priority Notification, Signature Files, SpamFilter, dan sebagainya.
9.      Easy.com
easy.com Menyediakan email gratis berkapasitas 3 MB, lengkap dengan fasilitas kalender
10.  Excite.com
mail.excite.com adalah sebuah portal yang mirip yahoo, dimana Anda bisa menikmati berbagai layanan jika memiliki sebuah account di situs ini. Kapasitas yang disediakan adalah 3 MB.
11.  Hush Mail
hushmail.com Situs ini menawarkan email gratis dengan fasilitas enkripsi untuk mengamankan lalu lintas email Anda. Sebelum mendaftar anda diwajibkan menginstal program Hush Encryption Engine di computer anda.
12.  MyRealBox
myrealbox.com Situs ini menyediakan email gratis berkapasitas 10 MB. Keistimewaannya Anda bisa mengecek email Anda melalui program email client seperti Outlook Express dan sebagainya, menggunakan IMAP server sama seperti Hotmail.
13.  Postmaster
postmaster.co.uk Situs yang berbasis di Inggris ini menyediakan email gratis berkapasitas 3 MB, dengan fitur-fitur tambahan seperti forum diskusi, poling, dan kartu ucapan.
14.  Eramuslim
mail.eramuslim.com adalah sebuah portal berita alternatif yang bernuansa keislaman dan berbahasa Indonesia. Selain berita dan beberapa rubrik lain, situs ini juga menyediakan layanan email gratis berkapasitas 5 MB.
15.  Disctarra
disctarra.com Situs music terpopuler di Indonesia ini pun menyediakan email gratis yang cukup bagus.
16.  MAIL.RU
mail.ru. Layanan penyedia e-mail gratis ini berbahasa Rusia. Kapasitas storage-nya hingga 10 GB. Bisa POP3.
17.  TELKOM.NET
mail.telkom.net adalah layanan e-mail gratis dari TELKOM. Kapasitas simpan hanya 10 MB. Cukup cepat karena servernya di Indonesia. Interface-nya berbahasa Indonesia.

B.     Manfaat Email Bagi Guru IPS Dalam Proses Pembelajaran


Pengadimistrasian kegiatan belajar siswa sering dianggap sebagai beban bagi siswa maupun guru di sekolah. Indikasi dari keadaan ini adalah kurang teraturnya buku atau lembaran yang memuat dokumen kegiatan belajar pada kebanyakan guru. Keadaan ini akan berakibat tidak validnya catatan kondisi siswa sebagai subyek belajar dan lebih lanjut akan memberikan pengaruh negatif terhadap hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran terhadap materi ajar yang yang sudah dilewati, baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Hasil evaluasi pada ranah kognitif  melalui ulangan harian ataupun ujian blok selalu ditemukan sejumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar, sehingga harus mengikuti pembelajaran remidial. Jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran remidial menjadi semakin banyak pada ujian blok yang memuat lebih banyak kompetensi dasar.
Inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara periodik telah dilakukan dengan penyempurnaan kurikulum yang terus dilakukan untuk memberi ruang yang lebih fleksibel dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan prinsip bahwa setiap siswa dapat menyelesaikan beban belajarnya, maka konsep belajar tuntas sudah di terapkan sejak digunakan kurikulum satuan pendidikan.
Untuk mengelola dan memantau semua kegiatan siswa dalam perkembangan belajarnya diperlukan pengadministrasian yang tertib, efisien dan efektif. Pengadmisintrasian semua kegiatan siswa dapat dilakukan secara manual menggunakan buku atau lembaran dan dengan cara yang lebih modern dengan menggunakan teknologi informasi.       
Dalam pengadministrasian yang menggunakan buku atau lembaran mempunyai kelebihan-kelebihan, karena data yang sudah didokumentasikan lebih tahan terhadap kerusakan atau gangguan dan tidak begitu tergantung dengan sarana teknologi informasi serta sarana penunjangnya misalnya ketersediaan listrik, kekuatan sinyal WiFi  dan lain-lain. Tetapi untuk cara ini terdapat beberapa kelemahan seperti penggunaan kertas yang lebih banyak dan memerlukan tempat penyimpanan dokumen yang lebih luas.
            Jika pengadimintrasian menggunakan teknologi informasi, terdapat banyak kelebihan dibandingkan dengan secara manual, sehingga penggunaan sarana ini dalam pengadiministrasian kegiatan siswa akan lebih menghemat biaya, tenaga, waktu dan memiliki keakuratan data yang lebih baik. Email sebagai salah satu produk kemajuan teknologi informasi sangat menunjang dalam membantu pengadministrasian kegiatan siswa. Email dapat digunakan sebagai sarana untuk mengumpulkan berbagai tugas siswa dalam kegiatan belajar.
Kelebihan-kelebihan dalam penggunaan email adalah:
1.    Tidak memerlukan kertas, karena tugas tidak perlu dicetak dengan menggunakan kertas.
2.    Tidak begitu terikat tempat, karena email dapat dikirim/diterima dari/di mana saja.
3.    Waktu tugas dikumpulkan sudah langsung tercatat pada email, sehingga dapat secara langsung dapat diketahui kerajinan/ketepatan waktu dalam mengumpul tugas.
4.    Guru dapat secara langsung melihat jam dan tanggal suatu tugas dikirim.
5.    Guru dapat segera memberi teguran kepada siswa yang belum mengumpulkan tugas, yang pada akhirnya siswa akan lebih fokus pada proses pembelajaran, sehingga siswa diharapkan dapat bekerja secara teratur.
6.    Dengan diselesaikan tugas tepat waktu, siswa sudah cukup memiliki modal pengetahuan untuk mempelajari topik berikutnya.

Sedangkan kelemahannya adalah sangat tergantung dengan keberadaan sarana penunjang teknologi.
Berdasarkan  banyak kelebihan dari email tersebut maka penggunaan email sebagai media atau alat pengunjung kegiatan belajar siswa, akan lebih menghemat biaya. Untuk mengatasi kelemahan penggunaan email sekolah perlu meningkatkan kekuatan sinyal WiFi-nya dan jika dipandang perlu adanya dokumen manual tentang kegiatan siswa cukup dokumen yang memuat rekap hasil penilaian kegiatan siswa.  Oleh sebab itu pemanfaatan email sebagai sarana pembelajaran perlu lebih digalakkan.

C.    Etika Penggunaan Email

Email dapat digunakan untuk memberikan info singkat yang jelas, akan tetapi jangan pernah menggunakan email untuk informasi yang kompleks ataupun masalah yang membutuhkan pemecahan dari beberapa orang. Dalam hal ini e-mail bukanlah alat terbaik dalam proses pengambilan keputusan yang cepat.
Email dapat membantu dalam banyak hal. Tapi penggunaan email tanpa etika yang benar dapat berakibat fatal dalam beberapa kasus. Beberapa petunjuk singkat kiat-kiat  atau ber "email" yang baik :
1.    Jangan gunakan email untuk hal-hal yang bersifat sangat pribadi atau subyektif karena kemungkinan kesalah-pahaman dapat sangat terjadi.
2.    Jangan gunakan email bila hal ini akan mengurangi kesempatan Anda bertatap-muka dengan seseorang email tidak akan pernah dapat menggantikan manfaat yang lebih besar dari komunikasi tatap-muka.
3.    Email dapat digunakan sebagai salah satu variasi dalam memberikan motivasi kerja ke rekan kerja ataupun motivasi belajar kepada peserta didik, bisa berupa pujian, ucapan terima-kasih, dan sebagainya.
4.    Sebelum mengirimkan suatu pesan email, pertimbangkanlah apakah pesan tersebut layak atau pantas diterima oleh si penerima. Isi email tertentu dapat membuat si penerima salah paham dan menimbulkan rasa marah. Bila Anda menerima email seperti itu, segeralah jawab kepada si pengirim untuk tidak mengirimkannya email sejenis itu lagi.
5.    Abaikan segala jenis email yang bersifat "surat berantai" atau HOAX (ancaman yang tidak benar mengenai virus komputer). Hal ini hanya akan membuang waktu.
6.    Segeralah jawab email yang membutuhkan jawaban anda. Bila anda belum mempunyai jawabannya, kirimkanlah pesan bahwa anda akan menjawabnya pada waktu atau tanggal tertentu.
7.    Sediakan waktu khusus (misalnya setiap pagi, siang dan sore @ 1/2 jam) untuk memeriksa email anda agar produktifitas kerja anda terjaga.


DAFTAR REFERENSI


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS PENGUCAPAN JANJI DAN PRAKATA PELANTIKAN PENGURUS OSIS

Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Pancasila

MANFAAT KOMPUTER BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN