GERAKAN  PENGHIJAUAN UPAYA MENUJU SEKOLAH YANG AMAN DAN NYAMAN DI SMP NEGERI 1 CISOMPET

GERAKAN  PENGHIJAUAN
UPAYA MENUJU SEKOLAH YANG AMAN DAN NYAMAN
DI SMP NEGERI 1 CISOMPET



Oleh : Yogi Yuda Hidayat

Salah satu penentu keberhasilan pendidikan adalah keadaan lembaga pendidikan itu sendiri yaitu lingkungan yang strategis dan mendukung terlaksananya pendidikan yang kondusif. Untuk menciptakan kondisi yang baik itu sangat diperlukan perhatian dan kepedulian semua elemen yang ada (Stake holder)  mulai dari pimpinan, guru, siswa dan masyarakat sebagai pendukung pendidikan tersebut. Semua elemen ini bertanggungjawab menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi terlaksananya pendidikan yang baik. Dalam hal ini pembelajaran akan sukses bila suasana sekolah aman dan nyaman. Salah  satu upaya yang tengah dilaksanakan untuk menjadikan sekolah yang aman dan nyaman di SMP Negeri  1 Cisompet yaitu dengan mengadakan gerakan penghijauan di lingkungan sekolah.

Penataan lingkungan sekolah menjadi Green School merupakan cara untuk  menciptakan suasana sekolah  yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM. Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan proses belajar yang nyaman. Lingkungan sekolah yang kondusif akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitas pendidikan.

Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Allah SWT yang tidak ternilai. Tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara pelestarian tersebut adalah dengan pelaksanaan program penghijauan dan tata lingkungan secara terencana. Sebagai lembaga pendidikan yang berwawasan lingkungan, sesuai dengan penjabaran Visi dan Misi SMP Negeri 1 Cisompet, yang mana ingin menjadikan sekolah yang aman dan nyaman untuk seluruh warga sekolah terutama untuk peserta didik, maka dengan ini program gerakan penghijauan mutlak untuk dilaksanakan. Dengan terlaksananya program ini, semoga dampak positifnya dapat dinikmati oleh seluruh warga sekolah.

Gerakan penghijauan di lingkungan SMP Negeri 1 Cisompet ini dimotori oleh guru PLH yaitu bapak Bayu Argiansyah, S.Pd., beliau bersama-sama siswa/siswi SMP Negeri 1 Cisompet bekerja sama dan saling bahu membahu untuk untuk mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman melalui gerakan penghijauan di sekolah. Dengan gerakan penghijauan tersebut lingkungan sekolah yang asalnya sedikit kurang tertata dan terkesan tandus berubah menjadi lingkungan yang hijau dan asri. Dimulai dengan menanam berbagai jenis tanaman buah dan juga penataan taman di sekitar sekolah. Adapun alasan mengapa jenis tanaman buah yang dipilih untuk ditanam di sekitar sekolah dikarenakan tanaman buah memiliki banyak kelebihan disamping untuk peneduh, tanaman buah juga lebih menguntungkan karena hasilnya dapat dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh seluruh warga sekolah. Sekitar 56 pohon baru telah ditanam, dengan rincian :
-          5 pohon Lengkeng
-          6 pohon Nangka
-          14 pohon Sawo
-          10 pohon Jeruk
-          2 pohon Durian
-          13 pohon Mangga
-          3 pohon Belimbing
-          1 pohon Anggur Brazil (Jaboticaba)
-          2 Pohon Jambu Air (Madu Deli)


Selain tanaman buah, berbagai jenis tanaman hiaspun telah memenuhi taman-taman di sekitar sekolah. Tujuan gerakan penghijauan ini dilakukan tak lain seperti yang telah dipaparkan di atas, merupakan salah satu upaya untuk menjadikan SMP Negeri 1 Cisompet ini menjadi sekolah yang aman dan dan nyaman untuk seluruh warga sekolah, khususnya peserta didik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKS PENGUCAPAN JANJI DAN PRAKATA PELANTIKAN PENGURUS OSIS

Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Pancasila

MANFAAT KOMPUTER BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN